Apa Itu Lipoma

Apa itu lipoma?

Lipoma adalah lapisan lemak yang secara bertahap menumpuk di bawah kulit, di antara kulit dan lapisan otot. Lipoma sering terdapat di leher, punggung, bahu, lengan, dan paha. Lipoma juga dapat berkembang di bagian tubuh lain seperi usus. Lipoma merupakan tumor jinak dan lebih sering terjadi pada dewasa.

Seberapa umumkah lipoma?

Lipoma dapat terjadi pada laki-laki maupun wanita di semua usia. Meski begitu, penyakit ini lebih banyak terjadi pada wanita paruh baya. Keadaannya dapat berbeda pada setiap orang. Selalu diskusikan dengan dokter Anda untuk melakukan pemeriksaan diagnostik dan terapi yang tepat bagi Anda.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala lipoma?
Lipoma awalnya sering muncul dalam bentuk benjolan subkutan lunak, bulat, dan tidak nyeri. Pasien sering tidak menyadari bahwa ia memiliki lipoma. Kebanyakan tumor dapat sedikit lembek atau seperti karet, dan dapat juga lunak atau keras. Lipoma dapat digeser ke area sekitarnya dengan mudah.

Lipoma dapat muncul lebih dari satu. Biasanya tumor dapat menyebabkan nyeri jika mengenai saraf atau jika di dalam lipoma terdapat banyak pembuluh darah. Ukuran lipoma bervariasi namun jarang melebihi 8 cm. Lipoma lebih sering ditemukan di lengan bawah, kaki, punggung dan leher. Lipoma dapat terjadi di bagian tubuh lain seperti paru-paru, usus besar, payudara, dan gejalanya tergantung dari letak lipoma.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Apa penyebab lipoma?
Penyebab lipoma masih belum diketahui. Diduga faktor genetik berperan sebagai penyebab lipoma. Umumnya lipoma dapat terjadi pada beberapa orang dalam satu keluarga.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk lipoma?
Ada banyak faktor risiko untuk lipoma, yaitu :

  • Usia: orang berusia 40-60 tahun lebih berisiko dibanding yang lain.
  • Memiliki penyakit lain: misalnya Cowden syndrome, Gardner’s syndrome.
  • Riwayat keluarga: memiliki riwayat keluarga yang menderita lipoma.

Bagaimana Anak Ini Bisa Sembuh? Klik Gamabar!!!