infeksi saluran pernafasan atas disertai demam batuk dan pilek

infeksi saluran pernafasan atas disertai demam batuk dan pilek ==> waspdai gejala ISPA pada anak, dan temukan obat alaminya disini < transfer pembayaran setelah barang sampai > Memasuki musim kemarau, Kalimantan Barat kerap diselimuti oleh kabut asap. Langit abu-abu yang berasal dari debu sisa pembakaran menutupi pandangan.

Kondisi seperti ini tentu sangat membahayakan, partikel yang dibawa oleh udara tak lagi sehat karena telah bercampur abu.

Apa jadinya jika terhirup oleh manusia, debu beserta sisa pembakaran ini tak seharusnya masuk ke saluran pernafasan. Penyakit seperti infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) seakan menghantui masyarakat kita, bukan hanya orang tua tapi juga pada anak-anak. Hal ini tentu menjadi kekhawatiran bagi ibu.

Dokter Spesialis Anak, Dr Nevita Msc Sp A menuturkan ISPA adalah infeksi saluran nafas akut.

Penyebab ISPA bermacam-macam dari virus sampai bakteri. Lingkungan yang tidak sehat serta polusi akan meningkatkan resiko untuk ISPA tersebut.

ISPA sendiri terdiri dari ringan dan berat. Bisa hanya mengenai saluran pernafasan atas dengan gejala deman batuk dan pilek. Bila berlanjut atau tidak ditangani dengan benar, dapat mengenai saluran nafas bagian bawah sehingga menyebabkan anak sesak nafas bahkan kematian bila tidak serius ditangani.

Infeksi yang mengenai saluran nafas bagian bawah ini yang biasa dikenal dengan pneumoni.
“ISPA pada anak dan pada dewasa prinsipnya sama. Hanya saja daya tahan dan sistem imun pada dewasa lebih kuat, sehingga orang dewasa bisa mengalami ISPA 1 sampai 4 kali pertahun. Tapi pada anak-anak bisa 12 kali,” jelasnya.

Pada cuaca seperti beberapa hari terakhir, dimana kabut asap yang berasal dari abu pembakaran, dapat membuat iritasi pada saluran pernafasan anak-anak yang mengakibatkan sistem pertahanan pada saluran nafasnya menjadi melemah, yang kemudian menyebabkan terjadinya ISPA. Terutama menyerang anak.

“Apalagi anak-anak dengan bakat alergi atau menderita asma akan sangat rentan. ISPA yang menyerang anak-anak tidak hanya akan mengenai saluran pernafasan saja tetapi bisa menjalar ke telinga karena bentuk anatomi saluran dari rongga mulut ke telinga yang masih datar,” katanya.

Ia melanjutkan, dengan adanya iritasi akan menyebabkan produksi lendir meningkat. Saluran nafas anak yang masih relatif kecil, dengan adanya lendir akan merangsang batuk.

Tetapi karena sistem imun yang menurun dan iritasi mengakibatkan kemampuan tubuh untuk membersihkan dan mengeluarkan lendir tersebut juga akan menurun. Sehingga menyebabkan lendir menumpuk, bakteri dapat tumbuh subur dan memperberat gejala ISPA.

Klik disini cara pemesanan obat alami ISPA pada anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *