Perbedaan Lipoma Sama Limfoma

perbedaan lipoma sama limfoma

Perbedaan Lipoma Sama Limfoma ==> Limfoma, jelas Sonar, adalah kanker yang berasal dari kelenjar getah bening. Sedangkan lipoma hanya tumor jinak dari sel lemak. Dari pengertian saja sudah sangat jelas kedua kanker ini berbeda. “Jadi, kalau nanti kita dapatnya Lipoma terus mikirnya limfoma, kasihan benar,” ujar Sonar.

Akan lebih kasihan lagi jika pasien yang seharusnya Limfoma tapi berpikir dia hanya terkena tumor jinak (lipoma). “Hati-hati, jangan sampai terbalik. Jauh berbeda pengobatannya,” kata Sonar menekankan.

Karena tumor jinak dan biasanya dari lemak, Lipoma banyak terjadi di bawah kulit. Tapi kalau kelenjar getah bening, tergantung di mana tempat terkenanya.

“Paling sering ‘kan di ketiak dan usus,” ujar Sonar. Begitu juga usia orang yang rentan terserang kedua jenis kanker ini. “Lipoma semua bisa kena. Limfoma, usia-usia pertengahan, 40 tahunan,” kata Sonar menerangkan.

Ia juga menjelaskan risiko yang dihadapi pasien bila salah melakukan treatment akibat salah tanggap. “Kalau lipoma dianggap limfoma, treatment yang didapat akan berbeda. Padahal (lipoma) tinggal dioperasi, selesai. Tapi yang bahaya jika Limfoma dianggap Lipoma, harusnya dikemo dan diradiasi, malah tidak diapa-apakan,” kata dia menjelaskan. (sember Liputan.6)

BAGAIMANA MEREKA BISA SEMBUH?  KLIK GAMBAR!!!

perbedaan lipoma sama limfoma

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *